Kisah Lansia 71 Tahun yang Akhirnya Bisa Berangkat Haji

Sekayu Humas –  Penantian hampir 14 Tahun Ibu Rohaya(71) Warga asal Sekayu, Sumatera Selatan, untuk menunaikan ibadah haji akhirnya terwujud. Tahun ini, ia menjadi salah satu calon jemaah haji yang berangkat ke Tanah Suci. Rohaya mendatangi Kantor Kementerian Agama Kab. Musi Banyuasin untuk Melakukan Bio Visa dan melaporkan Pelunasan Biaya Haji. Rabu(07/02)

Rohaya bersyukur akhirnya dapat berkesempatan menunaikan rukun Islam kelima tersebut setelah penantian lama “Dalam hati kecil saya, saya sangat bersyukur sekali Kepada Allah dapat menunaikan Ibadah Haji meski tidak bersama sang suami tahun ini,” tuturnya.

Rohaya Melakukan Pendaftaran Haji dari Tahun 2010 harusnya berangkat dari tahun 2017 karena  menunda keberangkatan Haji dikarenakan tidak ada biaya untuk melunasi. Rohaya Mengaku Hidup seorang sendiri, suami sudah meninggal dunia, anak tidak punya, tinggal pun di gubuk kecil berukuran 2×2 M.

Pada kesempatan kali ini juga Kasi PHU Kemenag Muba H. Muhammad Albarr, LC, M.HI menyampaikan. “Alhamdulilah tahun ini  1445 H/2024 M, atas kebaikan hati seorang dermawan, beliau dapat melunasi untuk keberangkatan haji tahun ini. semua proses sudah dilalui, hasil periksa kesehatan isthitaah dengan pendampingan, paspor dan bio visa sudah selesai, tinggal mengikuti manasik haji”.

Masih terbuka kesempatan untuk membantu tamu Allah ini. Beliau tidak memiliki sumber pendapatan. Makan dan minum hanya berharap belas kasih dari saudara dan tetangga. Perjalanan Haji tentunya sangat membutuhkan bekal materi, selain bekal-bekal lainnya. Maka bagi kita yang memiliki kelebihan rizki, dapat berbagi untuk beliau sebagai bekal untuk ke tanah suci. “walaupun kita belum hadir ke tanah suci, setidaknya, harta kita sudah berada di tanah suci” ujar Albarr (MI)